LAPORAN STUDI KASUS


LAPORAN STUDI KASUS

Pengantar
Penjelasan singkat mengenai apa yang akan dilakukan oleh penulis di dalam laporan.
Di dalam pengantar dijelaskan juga tujuan dan manfaat pembuatan laporan.

Identifikasi Masalah
Identifikasi masalah: cara untuk menemukan atau mencari, mendapatkan dan menetapkan siswa/konseli yang tergolong dalam individu yang memiliki kasus (bemasalah).
Apa kasus siswa/konseli? - contoh: siswa yang memiliki kesulitan dalam belajar
Apa yang menjadi kriteria mengapa si siswa/konseli itu dimasukkan dalam golongan siswa yang memiliki kesulitan dalam belajar? - contoh: siswa tersebut tidak dpt mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan; nilainya di dawab rata-rata; tingkah lakunya yang tidak pada kategori normal; dsb.

Data collection (pengumpulan data): bagian dari analisis data -> data pribadi & data ttg lingkungan siswa secara holistik.
Metode observasi -> mengetahui aktivitas siswa, tingkah laku siswa (di sekolah & di luar sekolah). Contoh: siswa yg bermasalah dalam belajar -> observasi: aktivitas siswa di dalam kelas selama pembelajaran, tingkah laku siswa di dalam dan luar kelas, dsb.
Di dalam laporan dimuat apa hasil dari observasi -> contoh: hasil observasi menunjukkan bahwa konseli adalah siswa pendiam, suka menyendiri, sering melamun, dsb.
Angket -> tuliskan/jelaskan data apa yang diperoleh tentang konseli dengan menggunakan angket.
Wawancara, Dokumentasi, dsb.

Diagnosa
Upaya untuk menemukan faktor penyebab masalah siswa/konseli - contoh kasus: siswa yang bermasalah dalam belajar - why? Berhubungan dengan input --> guru & materinya; proses (metode); output (hasil).
Faktor internal & eksternal (dari siswa & lingkungan - contoh: keluarga)
Membuat kesimpulan diagnosa: contoh: Apa yang menjadi letak masalahnya? - hubungan siswa dgn orang tua yang tidak baik, klien sering keluar rumah dan menginap di tempat teman, dsb.
Apa jenis masalah yang dominan dari klien? - contoh: Masalah keluarga, masalah dalam belajar.
Latar belakang masalah klien - contoh: Mengapa klien bermasalah dalam belajar? - time schedule, aktivitas di rumah, dsb.

Prognosa
Apakah kasus siswa/klien masih mungkin untuk diatasi? Apa alternatif solusi yang bisa dilakukan?
Konferensi kasus -> melibatkan pihak-pihak yang terkait.
Kemungkinan/probabilitas -> apa kemungkinan yang akan terjadi bila siswa/klien tersebut tidak segera mendapatkan bantuan? apa kemungkinan yang akan terjadi bila siswa/klien tersebut dengan segera mendapatkan bantuan?

Layanan Konseling/Bantuan (treatment)
Jenis treatment apa yang bisa anda berikan/lakukan untuk membantu klien/siswa untuk dapat menyelesaikan kasus/masalahnya?
Mengapa treatment itu lebih cocok digunakan? (kelebihan dan kekurangan (dampak positif dan negatif) terhadap penyelesaian kasus).
Bagaimana treatment tersebut dilakukan atau diberikan --> eksekusi

Semoga membantu....

Comments

Popular Posts