Taksonomi Domain Kognitif (Taksonomi Bloom)
(Irfan Roy T. Sarumpaet, M.A)
Taksonomi Bloom versi orisinil
(1956) memiliki enam tingkat mulai dari pengetahuan (kompleksitas rendah)
sampai evaluasi (kompleksitas tertinggi). Sejak tahun 1995 sampai dengan tahun 2000,
sekelompok pendidik melakukan revisi terhadap Taksonomi versi orisinil
berdasarkan pemahaman yang lebih baru tentang pembelajaran. Hasil revisi ini
dipublikasikan pada tahun 2001.
Dalam revisi tersebut,
terdapat perubahan nama tiga kategori dan menukar tingkatan dua diantaranya dan
juga mengubah nama semua tingkatan dari kata benda menjadi kata kerja. Berikut ini
adalah hasil revisiannya.
VERSI ORISINAL
|
VERSI REVISI
|
EVALUASI
|
MENGKREASI
|
SINTESIS
|
MENGEVALUASI
|
ANALISIS
|
MENGANALISIS
|
APLIKASI
|
MENGAPLIKASIKAN
|
PEMAHAMAN
|
MENGERTI
|
PENGETAHUAN
|
MENGINGAT
|
Di bawah ini adalah tingkatan
Taksonomi Bloom dengan urutan kompleksitas menurun yang dilengkapi dengan
istilah dan contoh aktivitas yang mengilustrasikan proses berpikir.
Tingkat
|
Kata Kerja
|
Contoh Aktivitas
|
MENGKREASI
|
Membayangkan
Menyusun
Merancang
kesimpulan
|
Bayangkan kamu sedang mengikuti satu kompetisi dan
mencatat dalam buku diarimu apa saja yang kamu alami dalam perlombaan itu.
Tuliskan kembali kisah “Si buta dari gua hantu”
dalam bentuk berita!
Rancanglah berbagai cara untuk menanggulangi banjir!
Rumuskalah hipotesis yang dapat menjelaskan hasil
eksperimen yang kamu lakukan!
|
MENGEVALUASI
|
Memberikan
penghargaan
Mempertimbangkan
penilaian
Mengkritisi
|
Karakter manakah dari kisah yang sudah baca yang
akan dijadikan teman? Mengapa?
Apakah tindakan kekerasan diperbolehkan untuk
memperbaiki ketidakadilan? Mengapa?
Dari berbagai tempat yang sudah kamu lihat, tempat
yang manakah yang bisa kita tempati? Jelaskan alasannya!
Perhatikan dua produk yang ada di depanmu! Produk manakah
yang bisa kamu rekomendasikan untuk konsumen? Mengapa?
|
MENGANALISIS
|
Menganalisa
Mempertentangkan
Membedakan
Menyimpulkan
|
Peristiwa mana dalam cerita yang berupa fantasi dan
yang benar-benar terjadi?
Bandingkan antara periode orde lama dengan orde
baru!
Klasifikasikanlah jenis-jenis bebatuan ke dalam tiga
kategori!
Dari beberapa kata yang ada, tentukanlah kata-kata
yang berasal dari bahasa latin dan bahasa Yunani!
|
MENGAPLIKASIKAN
|
Mempraktikkan
Menghitung
Mengerjakan
|
Gunakanlah kata-kata di atas dalam kalimat-kalimat
yang baru!
Hitunglah luas kolam ikan ini!
Tentukanlah tiga situasi kapan kita bisa menggunakan
rumus matematika ini!
Gunakanlah suku cadang yang ada untuk merakit sepeda
dengan benar!
|
MENGERTI
|
Menyimpulkan
Mendiskusikan
Menjelaskan
Menggambarkan
|
Simpulkanlah isi bacaan di atas dengan kata-katamu
sendiri!
Mengapa simbol digunakan pada peta?
Tuliskanlah satu paragraph yang menjelaskan tugas
dari montir!
Jelaskanlah tahap-tahap yang harus diikuti dalam
ujian tes masuk perguruan tinggi!
|
MENGINGAT
|
Menyebutkan
nama/label
Menghafal
Mengenali
|
Apakah definisi dari…….?
Tuliskan 3 aspek….!
Abjek manakah dalam gambar di atas yang
menggambarkan kehidupan di pedesaan?
Apa saja nama cabang-cabang dalam olah raga?
|
Selamat Membaca
Comments
Post a Comment